31 Mar 2017

Topologi Jaringan Cincin – Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan cara kerja jaringan

Topologi Jaringan Ring - Halo, Pada kesempatan kali ini Saya akan coba mengulas kembali mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer. Jika sebelumnya Saya mengulas Topologi Jaringan Bus, di postingan ini Saya akan mencoba membagikan informasi yang membahas Topologi Jaringan Cincin atau dalam bahasa inggrisnya Topologi Ring. Apa itu topologi ring ? Apa ciri topologi jaringan cincin ? Apa fungsi topologi jaringan cincin ? Apa kelebihan dan kekurangan topologi jaringan cincin ? Dan bagaimana cara kerja topologi jaringan cincin ? Mari kita ulas sedikit demi sedikit topologi jaringan cincin. 

topologi cincin
Gambar Topologi Jaringan ring

Pengertian Topologi Jaringan Cincin

Topologi Ring atau dalam bahasa Indonesia topologi cincin yaitu topologi jaringan berbentuk rangkaian yang masing-masing tersambung ke dua titik lainnya. Sehingga sambungan tersebut melingkar menyerupai lingkaran cincin.

Karakteristik Topologi Jaringan Cincin

  1. Setiap titik atau node berfungsi sebagai repeater 
  2. Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel dengan bentuk melingkar seperti cincin. 
  3. Topologi jaringan cincin sangat sederhana dalam layout seperti jenis topologi bus. 
  4. Paket data dapat mengalir dalam satu arah sehingga tabrakan dapat dihindarkan 
  5. Permasalahan yang sering terjadi hampir sama seperti topologi bus, yaitu jika salah satu node rusak, maka seluruh jaringan tidak dapat melakukan komunikasi.

Fungsi Topologi Jaringan Cincin

Topologi ring dibangun mempunyai fungsi tertentu salah satunya adalah berfungsi untuk meminimalisir budget. Karena dari segi biaya, penggunaan topologi ring dalam membangun suatu jaringan dinilai jauh lebih murah dibandingkan menggunakan topologi jaringan hub maupun topologi jaringan start

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Cincin

Kelebihan Topologi Jaringan Cincin / Ring

  1. Pada topologi jaringan cincin, tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), sebab pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data. 
  2. Mudah untuk dirancang dan diimplementasikan.
  3. Topologi ring dinilai memiliki performasi yang lebih baik dibandingkan dengan topologi bus, bahkan untuk aliran data yang berat sekalipun performa topologi ring tetap maksimal 
  4. Hemat kabel 
  5. Mudah untuk melakukan konfigurasi ulang dan instalasai perangkat baru

Kekurangan Topologi Jaringan cincin /Ring

  1. Topologi jaringan cincin dinilai kurang efisien untuk pengunaan dengan julah komputer yang banyak 
  2. Jika terjadi kerusakan pada node atau ujung dari jaringan, maka jaringan akan terganggu 
  3. Semakin banyak komputer dalam jaringan topologi ring, maka data akan lebih lama sampai di tujuan 
  4. Pengembangan jaringan dinilai lebih kaku, sebab untuk memindahkan, menambah, dan mengubah perangkat jaringan akan mempengaruhi keseluruhan jaringan 
  5. Kinerja komunikasi dalam jaringan sangat tergantung pada titik/node yang terdapat pada jaringan
     
  6. Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusu bandles

Cara Kerja Topologi Jaringan Cincin

cara kerja topologi ring
Gambar Cara Kerja Topologi Ring
Seperti disebutkan sebelumnya dalam karakteristik topologi jaringan cincin. Bahwa pada topologi cincin, masing-masing titik/node berfungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal disepanjang sirkulasinya, artinya setiap perangkat saling bekerjasama untuk menerima sinyal dari perangkat sebelumnya kemudian meneruskannya pada perangkat sesudahnya, proses menerima dan meneruskan sinyal data ini dibantu oleh TOKEN.

TOKEN berisi informasi bersamaan dengan data yang berasal dari komputer sumber, token kemudian akan melewati titik/node dan akan memeriksa apakah informasi data tersebut digunakan oleh titik/node yang bersangkutan, jika ya maka token akan memberikan data yang diminta oleh node untuk kemudian kembali berjalan ke titik/node berikutnya dalam jaringan. Jika tidak maka token akan melewati titik/node sambil membawa data menuju ke titik/node berikutnya. proses ini akan terus berlangsung hingga sinyal data mencapi tujuannya.

Dengan cara kerja seperti ini maka kekuatan sinyal dalam aliran data dapat terjaga. Kemampuan sinyal data dalam melakukan perjalanan disepanjang lingkaran adalah hal yang sangat vital dalam Topologi cincin.

Baca Juga :
  1. Pengertian, Ciri, Cara Kerja, Fungsi, Keunggulan, Kelemahan Jaringan Komputer Topologi Bus 
  2. Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jaringan Komputer 
  3. Topologi Jaringan Start – Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan cara kerja jaringan 

Implementasi dan Penggunaan Topologi Cincin / Ring

Pada saat ini, topologi jaringan cincin/ring sudah tidak populer untuk digunakan, sebab kebutuhan transfer data saat ini membutuhkan kecepatan yang luar biasa, sehingga topologi ring sangat terpinggirkan. 

Namun masih ada juga yang menggunakan topologi jaringan ring. Biasanya topologi jaringan ring diimplementasikan pada ruangan kecil dengan jumlah komputer yang tidak terlalu banyak.
Latest
Next Post

post written by:

0 komentar: